Rekomendasi Susu Kedelai sebagai Pengganti Susu Sapi

 

Suatu hari saya merasa kliyengan seperti orang yang sedang mengalami tensi di bawah normal. Memejamkan mata tak lantas membuat kondisi saya membaik, justru malah terasa memburuk. Saya pikir tensi saya rendah, namun setelah saya cek menggunakan tensimeter, rupanya normmal saja buat saya, yaitu 100/70. Setelah saya check up ke sebuah klinik terdekat, ternyata kolesterol saya tinggi. Dari sana, saya mendapat rekomendasi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Susu kedelai sebagai pengganti susu sapi 

Ketika usia sudah tak lagi muda, maka berhati-hati dalam memilih jenis makanan dan minuman menjadi sebuah keharusan. Bila masih ada umur panjang, setiap orang pasti menginginkan dapat menua dengan sehat. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi susu yang rendah kolesterol. Dan kabarnya susu kedelai adalah susu yang rendah kolesterol sehingga mendapat rekomendasi sebagai pengganti susu sapi.

Rekomendasi susu kedelai untuk mencegah menopause dini

Banyak perubahan pada tubuh manusia ketika usia sudah mulai bertambah. Demikian juga pada kemampuan organ-organ tubuhnya. Salah satu bentuk perubahan pada wanita dewasa adalah akan mengalami penurunan hormon estrogen yang akan menyebabkan menopause.  Kondisi seperti ini biasanya terjadi ketika usia wanita sudah menginjak 45 tahun ke atas. 

 

Tanda-tanda menopause yang umum terjadi pada wanita adalah bila tak lagi mengalami menstruasi setelah 12 bulan berturut-turut. Namun bukan tak mungkin, seorang wanita mengalami menopause sebelum usia 45 tahun atau yang biasa disebut dengan menopause dini.

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rajin  dapat mengurangi resiko menopause dini. Kandungan kalsium dan vitamin D pada susu dapat meningkatkan produksi hormon yang memperlambat penuaan ovarium dan memperlambat laju di mana seorang wanita kehilangan sel telurnya.

 

Untuk seorang yang sudah dewasa, adalah sangat penting menjaga kesehatan tubuh. Susu kedelai merupakan rekomendasi yang bagus untuk orang dewasa, karena kandungannya yang lebih pas dibanding susu sapi. Atau dengan kata lain, orang dewasa lebih baik mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. 

Rekomendasi susu kedelai untuk vegetarian

Rekomendasi susu kedelai untuk para vegan dan vegetarian

Buat kamu yang  vegan maupun vegetarian, tentu saja tetap harus mengkonsumsi susu untuk kebutuhan kalsium harianmu. Namun, susu sapi menjadi pantangan bagi vegetarian. Nah, susu kedelai merupakan pengganti susu sapi yang paling pas buat para vegetarian. Sehingga kamu dapat terus hidup sehat tanpa mengurangi zat-zat yang tubuh kamu butuhkan.

Kelebihan susu kedelai dibanding susu sapi

Kelebihan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi adalah sebagai berikut :

 

  • Memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi pada umumnya. Sehingga bagus untuk menurunkan berat badan atau diet.
  • Rendah kolesterol sehingga bagus untuk kesehatan.
  • Mengandung kalsium dan vitamin D yang mampu menurunkan resiko menopause dini.

 

Susu kedelai sebagai pengganti susu sapi merupakan rekomendasi yang sangat tepat untuk wanita dewasa supaya produksi hormon terjaga dengan baik dan tidak mengalami menopause dini. 

Kandungan susu kedelai

Sebagai informasi, satu cangkir susu kedelai yang kurang lebih 240 ml tanpa pemanis, mengandung 80-90 kalori, 4-4,5 gram lemak, 7-9 gram protein dan 4 gram karbohidrat. Jadi, dalam hal nutrisi, susu kedelai bisa menjadi pengganti susu sapi yang baik karena mengandung protein yang sama.

Nah itu dia rekomendasi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi yang sangat bagus dikonsumsi oleh kamu yang sudah berusia di atas 40 tahun. Mari hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang rendah kolesterol demi kesehatan jantung kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Animate Serum

Tips Cantik Ala Korea

Tips Merawat Rambut Bayi dengan Zwitsal